VISI DAN MISI SATUAN PENDIDIKAN
SMP NEGERI 3 SONGGON
Visi sekolah merupakan arah dan cita-cita yang ingin dicapai
oleh seluruh warga sekolah dalam mewujudkan satuan pendidikan yang bermutu,
berkarakter, serta selaras dengan nilai-nilai lingkungan hidup dan perkembangan
zaman. Visi ini menjadi panduan utama bagi sekolah dalam mengembangkan seluruh
program pendidikan, baik akademik maupun nonakademik, serta mengintegrasikan 8
Dimensi Profil Kelulusan dalam pembentukan karakter peserta didik.
Visi
SMP Negeri 3 Songgon adalah:
“Unggul dalam prestasi, berkarakter,
religius, inovatif, dan peduli lingkungan, untuk melahirkan generasi yang
cerdas, berdaya saing, serta berwawasan global.”
Makna dari Visi Sekolah
Makna dari visi dijabarkan sebagai berikut:
1. Unggul
dalam Prestasi
Sekolah berkomitmen
menciptakan peserta didik yang berprestasi dalam bidang akademik dan
nonakademik melalui pembelajaran mendalam, kegiatan literasi, serta pengembangan
potensi sesuai bakat dan minat.
2.
Berkarakter
Setiap peserta didik dibentuk untuk memiliki sikap tangguh, disiplin, jujur,
bertanggung jawab, dan berintegritas, sejalan dengan penguatan 8
Dimensi Profil Kelulusan yang menjadi landasan pengembangan karakter
di sekolah.
3.
Religius
Sekolah menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha
Esa melalui pembiasaan ibadah, kegiatan keagamaan, serta pembelajaran yang
berlandaskan moral dan spiritual.
4.
Inovatif
Sekolah mengembangkan budaya berpikir kreatif dan adaptif terhadap kemajuan
teknologi, dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek, digitalisasi
pendidikan, dan pemanfaatan Koding, Kecerdasan Artifisial, yang
Interactive dalam kegiatan belajar.
5. Peduli
Lingkungan
Sekolah membangun budaya
hidup bersih, sehat, dan berkelanjutan melalui program Adiwiyata
dan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS),
serta mengintegrasikan tema lingkungan dalam kegiatan pembelajaran.
6. Cerdas
dan Berdaya Saing
Sekolah menyiapkan peserta
didik agar memiliki kemampuan literasi, numerasi, dan berpikir kritis yang kuat
sehingga mampu bersaing secara positif di tingkat lokal, nasional, maupun
global.
7. Berwawasan
Global
Sekolah menanamkan
sikap terbuka terhadap perubahan dan perbedaan, menghargai keberagaman, serta
menumbuhkan kemampuan komunikasi lintas budaya sesuai tantangan era global
selaras dengan penguatan 8 Dimensi Profil Kelulusan.
B. Misi Sekolah
Untuk mewujudkan visi di atas SMP Negeri 3 Songgon
Satu Atap memiliki misi AKBAR, yaitu:
1. Aktif
Menciptakan ekosistem belajar yang memotivasi peserta didik
untuk aktif, adaptif, dan reflektif dalam menghadapi
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan tantangan global.
Melalui penerapan Pembelajaran Mendalam (Deep
Learning), peserta didik diarahkan untuk berpartisipasi aktif dalam
proses berpikir kritis, eksplorasi ide, dan kolaborasi dalam berbagai proyek
pembelajaran berbasis lingkungan dan teknologi digital.
Kegiatan belajar dikembangkan agar menyenangkan, partisipatif, dan berorientasi
pada penguatan kompetensi abad ke-21 (critical thinking,
collaboration, communication, creativity).
2. Kreatif
Menumbuhkan budaya berpikir kreatif dan inovatif pada seluruh
warga sekolah melalui pembelajaran kontekstual yang terintegrasi dengan nilai-nilai
8 Dimensi Profil Kelulusan, yaitu: spiritualitas, integritas,
kemandirian, kebangsaan, kebinekaan global, gotong royong, literasi digital,
dan kepedulian lingkungan.
Peserta didik dibimbing untuk mencipta, memecahkan masalah, dan menghasilkan
karya inovatif berbasis potensi lokal, kearifan budaya, serta pemanfaatan Kecerdasan
Artifisial dan teknologi digital.
Guru berperan sebagai fasilitator kreatif yang menuntun
proses berpikir mendalam dan reflektif bagi peserta didik.
3. Bersih
Menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab seluruh warga
sekolah terhadap keberlanjutan lingkungan hidup dengan
mengintegrasikan nilai-nilai Adiwiyata dan Gerakan
Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) ke dalam
seluruh aktivitas sekolah.
Melalui program Gerakan Sekolah Sehat, Bank
Sampah, School Bin, dan Kebun Adiwiyata,
sekolah membiasakan peserta didik untuk hidup bersih, sehat, hemat energi,
serta peduli terhadap konservasi air dan pengelolaan sampah.
Budaya bersih tidak hanya diterapkan secara fisik, tetapi juga dalam sikap,
tutur kata, dan pola pikir positif seluruh warga sekolah.
4. Antusias
Menumbuhkan semangat belajar yang tinggi, rasa ingin tahu,
dan antusiasme peserta didik dalam menimba ilmu melalui pengalaman belajar yang
bermakna, kolaboratif, dan berorientasi masa depan.
Sekolah membangun kemitraan strategis dengan orang
tua, masyarakat, dunia usaha, dunia kerja, dan lembaga lingkungan hidup,
untuk memperkuat pembelajaran berbasis proyek, kewirausahaan, dan inovasi
teknologi.
Dengan semangat antusias dan kolaboratif, peserta didik dilatih menjadi pembelajar
sepanjang hayat yang siap bersaing secara positif, kreatif, dan
berdaya saing global tanpa meninggalkan akar budaya lokal.
5. Religius
Mewujudkan lingkungan sekolah yang religius,
inklusif, dan berakhlak mulia, melalui pembiasaan ibadah, penguatan
nilai moral, dan sikap toleransi antarumat beragama.
Setiap kegiatan pembelajaran dan program sekolah dilandasi nilai spiritual,
kasih sayang, kejujuran, dan tanggung jawab.
Peserta didik dibina untuk memiliki keseimbangan antara intelektual,
emosional, sosial, dan spiritual, sehingga terbentuk pribadi yang
beriman, bertakwa, serta menghargai keberagaman sebagai wujud nyata
implementasi 8 Dimensi Profil Kelulusan.
Rangkuman Makna Misi AKBAR
|
Huruf |
Makna
Utama |
Fokus
Pengembangan |
|
A |
Aktif |
Pembelajaran
mendalam, partisipatif, kolaboratif |
|
K |
Kreatif |
Inovasi
berbasis Kecerdasan Artifisial, budaya lokal, dan 8 Dimensi Profil
Kelulusan |
|
B |
Bersih |
Sekolah
Adiwiyata, GPBLHS, Gerakan Sekolah Sehat |
|
A |
Antusias |
Kolaborasi
global, kemitraan, semangat belajar sepanjang hayat |
|
R |
Religius |
Akhlak mulia,
toleransi, spiritualitas, nilai kemanusiaan |
Tujuan Operasional
Berdasarkan Misi AKBAR
Untuk mewujudkan visi dan misi satuan pendidikan, SMP Negeri
3 Songgon Satu Atap menetapkan tujuan operasional yang berfokus pada penguatan
karakter, inovasi pembelajaran, dan budaya peduli lingkungan.
Tujuan ini dirumuskan berdasarkan misi sebagai berikut:
1. Misi: Aktif
Tujuan
Operasional:
- Menumbuhkan budaya belajar aktif, reflektif, dan kolaboratif pada peserta didik.
- Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah melalui penerapan Deep Learning dan Project Based Learning (PBL).
- Meningkatkan partisipasi peserta didik dalam kegiatan akademik, nonakademik, dan organisasi sekolah (OSIS, ekstrakurikuler, dan kegiatan kokurikuler).
- Mengoptimalkan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran aktif yang berorientasi pada proses, bukan hanya hasil.
Strategi
Implementasi:
- Melaksanakan pembelajaran berbasis proyek yang mengaitkan materi pelajaran dengan konteks lokal dan isu lingkungan.
- Menerapkan student-centered learning melalui kegiatan diskusi, eksperimen, dan eksplorasi lapangan.
- Mendorong pembentukan kelompok belajar kolaboratif antar kelas dan antar jenjang.
- Melaksanakan pelatihan guru tentang desain pembelajaran aktif dan reflektif berbasis data hasil asesmen formatif.
2. Misi: Kreatif
Tujuan
Operasional:
- Mengembangkan kreativitas dan inovasi peserta didik melalui pemanfaatan teknologi digital, Kecerdasan Artifisial, dan literasi informasi.
- Menumbuhkan keterampilan abad ke-21 (4C): Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration.
- Menjadikan sekolah sebagai laboratorium kreativitas berbasis lingkungan dan budaya lokal.
- Mendorong guru menghasilkan inovasi pembelajaran digital dan media interaktif.
Strategi
Implementasi:
- Melaksanakan proyek lintas mata pelajaran (STEAM, Literasi Digital, dan Koding Kecerdasan Artifisial).
- Menyelenggarakan Lomba Karya Inovasi Siswa (LKIS) berbasis potensi lokal dan keberlanjutan lingkungan.
- Meningkatkan peran Komunitas Belajar Guru (KBG) untuk berbagi praktik baik pembelajaran kreatif.
- Mengintegrasikan kreativitas budaya lokal dalam kegiatan seni, literasi, dan kewirausahaan siswa.
3. Misi: Bersih
Tujuan
Operasional:
- Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, hijau, sehat, dan ramah lingkungan.
- Menginternalisasikan perilaku peduli lingkungan dalam kegiatan belajar dan budaya sekolah.
- Meningkatkan efektivitas program Adiwiyata dan GPBLHS dalam kurikulum serta kegiatan siswa.
- Meningkatkan kesadaran seluruh warga sekolah terhadap pengelolaan sampah, konservasi air, dan energi.
Strategi
Implementasi:
- Melaksanakan kegiatan rutin kebersihan, pemilahan sampah, dan daur ulang melalui Bank Sampah Sekolah dan School Bin.
- Mengembangkan Kebun Adiwiyata dan Taman Literasi sebagai laboratorium pembelajaran kontekstual.
- Melibatkan masyarakat dalam program penghijauan dan Sekolah Asuh Sungai.
- Melaksanakan Gerakan Sekolah Sehat (GSS) dan edukasi Eco-Living untuk seluruh warga sekolah.
4. Misi: Antusias
Tujuan
Operasional:
- Membangun semangat belajar sepanjang hayat (lifelong learning) bagi seluruh warga sekolah.
- Mengembangkan kolaborasi aktif antara sekolah, orang tua, masyarakat, dan dunia usaha/dunia kerja (DUDIKA).
- Menumbuhkan motivasi berprestasi dan semangat kompetitif yang positif bagi peserta didik.
- Meningkatkan partisipasi sekolah dalam kegiatan pendidikan tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional.
Strategi
Implementasi:
- Menyelenggarakan kegiatan Parent Day, Sekolah Kolaboratif, dan Program Sahabat Sekolah dengan dukungan masyarakat.
- Mengadakan pelatihan dan lomba minat bakat peserta didik secara periodik.
- Menjalin kemitraan dengan instansi lingkungan hidup, perguruan tinggi, dan komunitas profesional seperti Yayasan Swasta dan kelompok Masyarakat (POKMAS) untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek.
- Meningkatkan sistem penghargaan dan apresiasi bagi siswa dan guru berprestasi.
5. Misi: Religius
Tujuan
Operasional:
- Mewujudkan peserta didik yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia sesuai ajaran agama masing-masing.
- Menumbuhkan toleransi, empati, dan sikap saling menghargai antarumat beragama.
- Mengintegrasikan nilai spiritual dalam seluruh kegiatan pembelajaran dan budaya sekolah.
- Menguatkan pembiasaan ibadah dan kegiatan keagamaan rutin sebagai bagian dari karakter religius.
Strategi
Implementasi:
- Melaksanakan kegiatan Doa Bersama Pagi Hari, Jumat Religius, Kajian Keagamaan, dan Infaq Shodaqah Terintegrasi (SAS).
- Mengembangkan proyek Religious Character Week yang melibatkan peserta didik lintas kelas.
- Membiasakan refleksi nilai spiritual di akhir pembelajaran (spiritual reflection point).
- Membangun ruang ibadah yang nyaman dan inklusif untuk semua warga sekolah.
Indikator Keberhasilan
Untuk
memastikan ketercapaian misi AKBAR, indikator keberhasilan KSP SMP Negeri 3
Songgon Satu Atap meliputi:
- Peningkatan capaian akademik dan nonakademik siswa tiap tahun.
- Terwujudnya sekolah bersertifikat Adiwiyata Provinsi pada tahun 2025.
- Terlaksananya minimal 4 proyek pembelajaran lintas disiplin berbasis lingkungan dan teknologi setiap tahun.
- Terselenggaranya minimal 3 kemitraan aktif dengan masyarakat, DUDIKA, dan lembaga lingkungan.
- Peningkatan hasil survei karakter dan kepedulian lingkungan siswa minimal 20% setiap tahun.
- Implementasi pembelajaran mendalam (Deep Learning) di seluruh mata pelajaran.
***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Kritik dan Saran Membangun silahkan request di sini ....