Senin, 26 Oktober 2020

PENGISIAN INSTRUMEN EDS Pada Aplikasi OFFLINE SURVEYS (PENGISIAN DATA PMP 2020 VERSI LURING)

Memulai mengerjakan EDS PMP 2020
Buka aplilasi Offline Surveys yang sudah terinstall pada android dengan cara klik icon seperti pada gambar dibawah ini. 


Setelah di klik akan muncul tampilan halaman utama pada aplikasi offline surveys seperti tampak pada gambar. Kemudian silahkan menjalankan aplikasi dengan cara klik menu jalankan/run (yang berlogo panah arah kekanan/player) pada bagian menu Tab Kuesioner Pemetaan Mutu 2020 Jenjang SMP sebelah bawah sendiri.


Berikutnya aplikasi akan melakukan loading beberapa saat.


Selanjutnya muncul layar putih seperti dibawah ini, biasanya akan membutuhkan waktu beberapa saat, silahkan menunggu sampai keluar tampilan selanjutnya.


Setelah menunggu tampilan layar putih selanjutnya akan tampil halaman pengantar kuesioner. Silahlan dibaca petunjuk dan panduan pengerjaannya.


Tahap selanjutnya adalah pengisian identitas responden seperti tampak pada gambar dibawah ini. Hal yang perlu diperhatikan pada tahap ini yaitu ketelitian pada saat pengisian identitas pastikan telah terinput dengan benar sesuai data individu PTK yang terdaftar pada aplikasi Dapodik dan info GTK. Kesalahan pengetikan pada menu identitas ini akan mengakibatkan file hasil pengisian EDS yang sudah selesai tidak dapat dikirim/upload ke server EDS PMP oleh operator PMP, dengan kata lain data pengisian responden tidak diterima. Jika demikian maka akan sia-sia telah melakukan pengisian awal hingga selesai yang telah menguras tenaga waktu dan fikiran. Disitu telah disertai petunjuk pengisian pada kolom yang ada, untuk itu mohon diperhatikan dengan seksama saat pengisian indentitas ini.
 

Silahlan memilih peran responden dengan dua pilihan 


Pilih responden Guru jika responden merupakan guru atau staf lainnya. Selanjutnya data lainnya silahkan menyesuaikan yang ada misalnya NPSN, NUPTK, dan email ptk yang terdaftar pada dapodik atau email yg digunakan login info GTK. Bagi yang tidak memiliki NUPTK bosa mengunakan NIK sebagai penggantinya.


Untuk kepala sekolah juga demikian dapat memilih peran kepala sekolah. Namun pada pengisian email di anjurkan menggunakan email akun operator, bukan email pribadi kepala sekolah


Setelah pengisian identitas lengkap selanjutnya tinggal melakukan klik menu Next pada bagian bawah yang berwarna hijau.


Kemudian masuk pada halaman pengisian EDS. Silahlan dibaca text yang bercetak tebal/miring dimana itu merupakan petunjuk jawaban/respon kondisi.

Cara menjawabnya tinggal melakukan klik pada menu bulatan pada angka-angka yang tertera 1 sampai 7. Jawablah menyesuaikan petunjuk dan kondisi riel yang ada.

Dalam situasi tertentu saat pengisian EDS jika ingin menyudahi sementara dimana kondisi belum selesai semua maka silahkan menyimpannya terlebih dahulu dengan melakukan klik menu simpan seperti pada tampilan gambar dibawah  


Kemudian aplikasi melakukan proses simpan sejenak dan aplikasi akan keluar dari EDS menuju tampilan sebelumnya. Dengan demikian hasil pengisian sementara telah disimpan pada aplikasi tersebut dan boleh semwntara melakukan kegiatan yang lain.


Berikutnya kita akan memulai melanjutkan lagi pengisian EDS. Caranya buka kembali aplikasi offline surveys daan muncul tampilan berikut seperti pada gambar. Hal yang perlu diperhatikan karena sebelumnya telah melakukan pengisian EDS dan sifatnya hanya ingin melanjutkan pengisian berikutnya, maka jangan pilih menu jalankan/run karena menu itu digunakan jika baru akan memulai mengisi EDS dan belum pernah mengisi sebelumnya,  namun jika ingin melanjutkan pengisian yang sudah ada, caranya dengan klik menu lihat/edit (yang berlogo monitor komputer).


kemudian akan muncul tampilan tanggapan, dan silahkan klik logo Bolpoint (sebelah logo sampah) yang berwarna merah pada bagian atas. Disitu terlihat batas akhir kuesioner yang sudah dikerjakan seperti tampak pada gambar. Hati-hati jangan klik sampah karena dapat menghapus semua hasil pengisian kuesioner.

Setelah klik logo bolpoint muncul tampilan pertanyaan edit tanggapan? Klik menu Ya.


Selanjutnya aplikasi akan jeda melakukan loading sejenak


Jika berhasil makan sudah bisa melanjutkan pengisian EDS lanjutan dan silakan mengerjakan hingga tahap akhir.


Selamat mengerjakan !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran Membangun silahkan request di sini ....